Apa Itu Kapsul Cacing?

Pernah mendengar istilah kapsul cacing? Bagi Anda yang awam pengobatan herbal mungkin akan mengernyitkan kening mendengar istilah tersebut. Tapi bagi mereka yang akrab dengan pengobatan alternatif, kapsul cacing tentu sedemikian familiar di telinga. Jadi apa itu kapsul cacing? Sederhananya, kapsul cacing merupakan obat racikan yang tidak dikenal dalam dunia kedokteran. Bahkan jika Anda bertanya pada dokter, mereka boleh jadi tidak paham. Meski begitu, kapsul berisi serbuk cacing ini cukup terkenal dan mujarab mengobati penyakit tipus. Benarkah demikian?

Khasiat Si Kapsul Cacing


Sudah banyak masyarakat yang menyaksikan khasiat kapsul cacing tersebut. Sebagian dari mereka menyatakan berhasil sembuh dari demam tifoid atau tifus berkat rutin mengkonsumsi kapsul cacing. Meski demikian, dokter tetap menyarankan pasien untuk berhati-hati sebab obat-obatan dalam bentuk kapsul tanpa bahan-bahan yang jelas tentu berbahaya bagi konsumen. Adapun kesembuhan yang diperoleh pasien boleh jadi karena kapsul cacing tersebut juga dicampur dengan bahan-bahan lain seperti obat anti-panas, penicillin, antibiotik dan lain-lain. Oleh karena hal tersebut maka si kapsul cacing ini berkhasiat menyembuhkan demam dan tipus ringan.

Meski banyak dokter yang menyangsikan keampuhan si kapsul cacing, namun kebanyakan dari mereka mengamini kandungan senyawa melimpah yang ada pada cacing. Seperti hasil berbagai penelitian cacing memang mangandung banyak unsur penting seperti asam amino super lengkap, protein, dan vitamin yang kesemuanya baik bagi tubuh manusia. Pada tubuh cacing ditemukan berbagai macam enzim penting. Sebut saja enzim lumbrokinase yang baik sekali menormalkan tekanan darah, enzim peroksidase juga katalase yang diketahui efektif dalam menyembuhkan diabetes, kolesterol dan rematik. Selain itu, dalam tubuh cacing juga mengandung enzim selulase dan juga lignase yang baik menanggulangi penyakit maag akut. Untuk penyakit tipus sendiri, keampuhannya diduga datang dari senyawa arachidonicacid yang melimpah pada cacing. Senyawa ini dikenal baik dalam menurunkan suhu tubuh. Selain enzim-enzim tersebut di atas, cacing juga masih mengandung banyak senyawa penting yang membantu proses penyembuhan berbagai penyakit termasuk tipus.

Wajib Berhati-hati


Beragam senyawa penting yang terkandung dalam tubuh cacing memang menjadikan ia alternatif pengobatan alami yang dilirik banyak masyarakat sebab diklaim minim efek samping. Meski demikian, jauh lebih baik jika Anda mengolah sendiri cacing untuk Anda gunakan sebab pada dasarnya sangat mudah sekali. Prinsipnya hanya dibersihkan dengan baik dan kemudian direbus dan minum sarinya secara rutin. Banyak juga masyarakat yang memilih mengeringkannya terlebih dahulu sebelum kemudian diolah menjadi serbuk dan digunakan dengan cara diseduh. Kapsul cacing yang banyak beredar di luar sana memang menjanjikan kepraktisan terutama bagi Anda yang jijik bersentuhan langsung dengan binatang melata tersebut. Namun, higienitas serta bahan campurannya tidak jelas. Jadi, meracik sendiri obat Anda adalah jalan terbaik. Selamat mencoba!